Sejarah Sepatu

Alas kaki kelihatannya simpel, karena dipakai di bawah (kaki), namun alas kaki juga mempunyai sejarah tersendiri dan menarik juga lo. Khususnya sepatu bola.

Konon alas kaki terbagi dalam 2 jenis, yaitu tipe mokasin dan sandal. Kalo mokasin biasanya dipake oleh masyarakat di kawasan subtropis dengan desain tertutup. Nah istilah mokasin ini sekarang lazim disebut dengan sepatu. Kalo sandal biasanya dipake oleh masyarakat di kawasan tropis. Khusus sepatu bola ini bisa di pakai di semua iklim pastinya, hehe

Dari 2 jenis itu, mucul beberapa dasar tipe alas kaki. Menurut Saryoto BSc, dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Barang Kulit Karet dan Plastik (BBPPKP), Depperindag, ada lima bentuk pola dasar dalam merancang alas kaki, yaitu model pump, derby, moliere (oxford), pantofel, dan mokasin. Model pump merupakan bentuk dasar sepatu wanita. Kalau untuk sepatu bola yang mana ya kira-kira.

Alas kaki khususnya sepatu bola, yang dulunya begitu simpel, telah mengalami beberapa perubahan, seperti terdapatnya hiasan dengan beragam aksesoris untuk memperindahnya. Hal itu dimulai saat kekuasaan Dinasti Tudor di Inggris, pada abad ke-15, yang menandakan status sosial. Kemudian pada abad 10-15, muncullah jenis sepatu runcing (sabot) yang dikombinasi kaus rajutan knitted house dari Spanyol yang disukai Ratu Elizabeth, Inggris. Bentuk sepatu bola kemudian semakin baik dan indah saja, yaitu dengan menambahkan hak pada sepatu wanita

Pada abad 19, fungsi mempengaruhi bentuk alas kaki, di mana dibuat mendekati bentuk kaki dan disesuaikan dengan aktivitas pemakai. Aspek kesederhanaan menjadi pertimbangan sehingga terjadi reduksi pernik dan dibuat massal. Nah, pada awal abad 20-an merupakan jaman keemasan bagi alas kaki, terutama untuk para wanita dan para pemain sepakbola. Pertama kali dalam sejarah busana, alas kaki menjadi pusat penampilan, seperti diungkap Stefanie Ricci dalam buku Salvatore Ferragamo: The Art The Shoe 1848-1960, New York: Rizzoli International Publication inc, 1992. Salvatore Ferragamo adalah perancang sepatu yang cukup dikenal dan karyanya banyak dipakai artis Hollywood seperti Greta Garbo dengan model flat-heeled brogues atau Marilyn Monroe yang dibuatkan model sepatu dengan tumit stiletto. Selain itu, Ferragamo menyempurnakan teori segitiga titik penahan berat tubuh pada telapak kaki. Membuat sepatu rancangannya nyaman dipakai dan kelihatan indah. Kalau sepatu bola lebih canggih lagi pasti nya karena di kenakan untuk menendang bola.

Elemen alas kaki yang bisa mempengaruhi penampilan yaitu bahan, aksesori atasan, warna, bentuk bagian depan, tinggi hak, bawahan, dan pengunci. Semua itu dapat membentuk citra pada pemakainya, dapat berkesan feminin, maskulin, atau sportif. untuk pemain sepakbola saat dia mengenakan sepatu bola nya biar terkesan gagah saat berada di atas lapangan.

Sepatu mempunyai komponen lebih banyak dibanding sandal. Misalnya, bagian vamp, quarter, lidah, bis, hak. Beberapa jenis hak di antaranya cuban louis, millitary, wedge, spring, dutch boy, dan trimmed. Dari bagian sepatu bola ini juga seorang perancang dapat mencurahkan kreativitasnya dalam mencipta alas kaki.

Kalo sandal, merupakan alas kaki paling sederhana dan juga mengalami perubahan bentuk juga lo, di antaranya bentuk toe peg, toe band, v-strap, multistrap. Khusus sepatu bola berbeda lagi dengan sepatu pada umumnya

Dalam aktivitas merancang sepatu, khususnya sepatu bola perlu dipertimbangkan aspek fungsi, ergonomis, estetis, dan kesehatan agar sepatu enak dipakai dan indah dilihat. Variabel dalam sepatu bola ialah yang menentukan kenyamanan, diantaranya adalah ortopedik dan material. Kenyamanan pakai merupakan hasil akhir pertimbangan ergonomis yang berkaitan dengan anatomi kaki. Soal material berkaitan dengan bahan baku dan pendukungnya.

LAINNYA.........

Metrogaya - Sepatu bola mungkin bukan barang asing bagi kita seorang pemain sepakbola. Namun sepatu bola khususnya ternyata juga menyimpan sejarah panjang dan menarik.
Para ahli sejarah memperkirakan bahwa sepatu yang umum kita ketahui pertama kali dibuat pada zaman Es atau sekitar 5 juta tahun lalu. Sepatu itu dibuat dari kulit hewan. Sepatu primitif (kuno) dalam jumlah besar pernah ditemukan di pedalaman Missouri, Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sepatu itu berasal dari 8000 Sebelum Masehi (SM). Sepatu bola belum di temukan pada zaman ini dan hanya di temukan sepatu lainnya saja, juga pernah ditemukan di pegunungan Prancis dan kemungkinan berasal dari 3300 SM.

Selain dari kulit binatang, ada juga sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Gunanya, untuk melindungi kaki dari teriknya sinar matahari atau dinginnya suhu. Selain di Missouri, ditemukan juga alas kaki yang berasal dari peradaban Mesir Kuno, Viking, dan China kuno. Mungkin karena orang jaman es belum mengenal sepakbola makanya sepatu bola belum di temukan.

Alas kaki yang berasal dari Mesir Kuno, berhiaskan gambar yang sangat indah. Alas kaki tersebut merupakan milik raja Mesir. Alas kaki pada saat itu digunakan untuk menunjukkan status sosial penggunanya. Di zaman itu, hanya para bangsawan dan orang-orang kayalah yang mampu untuk memakai sepatu. Tapi sepatu bola bisa di nikmati oleh semua orang.

Masyarakat Yunani Kuno juga memiliki alas kaki yang sangat menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Sepatu mereka memiliki banyak tali yang diikat di sekeliling betis. Tentara Romawi Kuno juga memiliki sepatu yang sangat khas. Sepatu ini disebut caligae, pastinya orang Romawi belum punya sepatu bola ya. Saat para tentara Romawi kembali dari peperangan dan menang, caligae diberi paku yang berasal dari perunggu, perak, bahkan emas.

Perkembangan Sepatu Seiring bertambahnya waktu, manusia terus menyempurnakan bentuk sepatu. Hingga muncullah sampai sekarang ada sepatu bola, sepatu futsal dan sepatu olahraga lainnya. Ini semua tentu No dimaksudkan untuk lebih memberikan kenyamanan bagi para pemakainya. Lantas, bagaimana sejarah perkembangan sepatu dari masa ke masa? Jawabannya dapat kamu simak pada penjelasan berikut ini:

1800 - Sepatu beralaskan sol karet pertama dibuat dan dinamakan plimsolls.
1892 - Goodyear dan perusahaan sepatu karet dari US Rubber Company, memulai memproduksi sepatu karet dan kanvas yang diberi nama Keds.

1908 - Marquis M. Converse mendirikan perusahaan sepatu Converse. Perusahaan inilah yang membuat sepatu untuk olahraga basket pertama kali. Sepatu ini pula yang mengubah permainan bola basket lebih dari seabad dan menjadi ikon AS.

1917 - Sepatu keds menjadi sepatu atletik pertama yang diproduksi secara massal. Di kemudian hari, sepatu ini disebut sneaker karena solnya lebih halus dan tidak menimbulkan suara decitan pada kondisi tertentu.

1920 - pada tahun ini Adi Dassler, pendiri Adidas, mulai memproduksi sepatu olahraga buatan tangan di kamar mandi ibunya. Ia membuat sepatu tanpa bantuan alat-alat listrik seperti halnya sekarang-sekarang ini.

1924 - Adi dan Rudolph Dassler, dengan bantuan 50 anggota keluarganya, mendaftarkan bisnisnya dengan nama Gebr der Dassler Schuhfabrik di Herzogenaurach, Jerman. Ini menjadi awal berdirinya Adidas seperti sekarang. Sehingga kita jumpai sekarang ini ada sepatu bola Adidas yang dengan ikon andalannya Lionel Messi, dan sepatu futsal Adidas, sepatu olahraga lain yang bermerek Adidas.

1948 - Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler didirikan. Sepatu sepakbola pertama Puma digunakan oleh tim sepakbola Jerman Barat. Dan kita kenal sekarang sepatu bola Puma, sepatu futsal Puma, dan sepatu lain bermerek Puma.

1950 - Sneaker menjadi sepatu pilihan di mana-mana. Pasalnya, sepatu ini murah dan mudah diperoleh oleh seluruh anak muda di seluruh dunia. Selain sneaker, sepatu bertumit tinggi alias stiletto juga menjadi tren di awal 1950-an.

1962 - Phil Knight dan Bill Bowerman meluncurkan sepatu atletik berteknologi tinggi (pada masa itu) dengan nama Blue Ribbon Sports (BRS). Seiring dengan desain dan teknologinya yang baru, pada tahun 1968, nama mereka diganti menjadi Nike. Sehingga sekarang kita mengenal ada sepatu bola Nike, sepatu futsal Nike, sepatu olahraga lain-lain yang bermerek Nike.

1970 - Platform shoes dengan tumit setinggi 2-5 inci atau 5—12 sentimeter menjadi incaran pria dan wanita. Era 70-an juga merupakan awal kepopuleran sepatu model bakiak.

1990 - Awal era ini diramaikan dengan jenis sepatu bersol rata, berwarna, dan persegi. Mungkin di tahun ini juga sepatu futsal pertama kali di ciptakan.

1995 - Museum Sepatu Bata di Toronto, Kanada, resmi dibuka pada bulan Mei.

1998-2001 - Sepatu lars menjadi salah satu sepatu yang populer di Indonesia.

2006-sekarang - Model wedges shoes (berbentuk irisan) merupakan model yang populer di kalangan kaum perempuan. Tapi jangan lupa bahwa sannya sepatu sepakbola merupakan model yang populer di zaman sekarang khususnya bagi pemain sepakbola.

Di samping itu, sepatu-sepatu yang menawarkan kenyamanan bagi para pemakainya mulai menjadi pilihan banyak orang. Khusus sepatu bola ini kita bisa mengambil keuntungan dan kenyamanan untuk penggunanya para pemain sepakbola profesional maupun pemula.

Kalau berminat membeli sepatu sepakbola silakan tanya jawab kepada kami.
Minat hubungi:
Tlpn/WA: 0856-5535-8019
Pin bbm: 53840ECB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

IKLAN

HALAMAN FACEBOOK

Most Reading

Gambar tema oleh friztin. Diberdayakan oleh Blogger.