sejarah sepatu sepakbola

Assalamualaikum ....
bissmillahirrohmannirrohim...

pada kesempatan kali ini kami ingin membagi informasi tentang siapa penggagas sepatu sepak bola pertama kali.

cobalah anda perhatikan bagian telapak sepatu yang dipakai oleh para pemain sepakbola. telapak sepatu yang mereka kenakan pastilah bergerigi bukan?. tentu saja iya gerigi pada sepatu sepakbola itu berguna agar kaki mereka para pemain sepakbola dapat menancap dengan kuat di tanah sehingga dapat menapak dengan kuat, tak mudah goyah, apalagi terpeleset. meskipun akibat kondisi lapangan yang licin akibat hujan yang turun. baru mengetik sedikit saja sudah terasa capeknya ya kawan padahal ini baru beberapa dari artikel yang kami repost tentang sepatu sepak bola.

tapi, tahukah kita penggagas sepatu bergerigi pada sepatu sepakbola yang dikenakan oleh para pemain sepakbola ini adalah seorang warga negara jerman bernama adi dassler. adi dassler ini lahir di jerman pada 3 November 1900. nama aslinya adalah Adolf dassler. di jerman orang-orang biasa memanggil nama adolf dengan adi sehingga adolf dassler pun lebih dekenal dengan nama adi dassler, pantes saja aparel sepatu bola asal jerman ada yang menamai merk produknya dengan nama adidas, hehe. mungkin itu karena ayah dari adi dassler adalah seorang pekerja disebuah pabrik sepatu, maka oleh ayahnya adi dassler di ajari cara membuat sepatu :)

ketika itu pada tahun 1920-an diruang cuci milik ibunya, adi dassler membuat proyek kecil-kecilan dengan membuat sepatu olahraga. karena saat itu adi dassler sedang beruntung dan proyek kecilnya memiliki kualitas sepatu tinggi saat adi dassler membuat sepatu, dan pada akhirnya bisnis kecil itupun membuahkan hasil. akhirnya bersama saudaranya yang bernama rudolf dassler, adi dassler akhirnya kemudian mendirikan sebuah perusahaan pabrik sepatu dassler brother shoe factory namanya.

kemudian adi dassler bertekad untuk menciptakan suatu performa tinggi bagi atlet di jerman dan di seluruh eropa pada saat itu. karena itulah, adi dassler memiliki komitmen dan perhatian penuh pada kualitas sepatu ciptaannya. komitmen adi dassler bersaudara sebagai produsen sepatu berkualitas tinggi inilah yang kemungkinan telah menginspirasi produsen-produsen sepatu dizaman ini, sehingga sepatu ciptaan adi dassler bersaudara ini sering dipakai oleh atlet-atlet legendaris pada masa itu.

pada tahun-tahun setelah itu lebih tepatnya pada tahun 1925, adi dassler membuat sepatu yang memiliki alur pada telapaknya. sepatu buatannya itu pertama kali dikenalkan pada halayak umum adalah ketika olimpiade 1928 di amsterdam, belanda. pada olimpiade 1938 di berlin jerman, altet amerika serikat, jesse owens, meraih emas karena memakai sepatu karya adi dassler. peristiwa ini yang kemudian menjadi puncak ketenaran sepatu karya adi dassler dan mengibarkan nama dassler brothers, di dunia perindustrian.

namun sayang sekali ketika tahun 1948 terjadi sebuah perseteruan antara kedua bersaudara ini karena suatu alasan, keduanya pun memutuskan untuk berpisah, dan menjalani bisnis masing-masing. adi dan rudolf pun membuat perusahaan sepatu dan merk sepatu sendiri-sendiri. adi dassler mendirikan perusahaan sepatu dan merk sepatu "ADIDAS". nama ADIDAS ini diperolehnya dari singkatan namanya sendiri sebagai seorang penemu yaitu adi dassler. sedangkan saudaranya rudolf mendirikan perusahaan sepatu dan membuat merk sepatu PUMA. untuk sejarahnya sepatu PUMA ini kenapa dinamakan sepatu PUMA kami kurang mengetahuinya.

sedangkan logo dari sepatu adidas ini sejak pertama kali didirikan pada tahun 1948 atau pada saat dua bersaudara ini memutuskan untuk berpisah, secara visual hanya berupa adidas, dengan nama adolf dassler diatasnya, serta ilustrasi sepatu ditengahnya. dengan merk ini, sepatu buatan adi dassler mencapai titik kesuksesannya, dengan diakui dan dikenakannya sepatu-sepatu bermerk adidas di ajang pesta olahraga dunia separti olimpiade helsinki, olimpiade melbourne, olimpiade roma, dan olimpiade-olimpiade lainnya.

kemudian di tahun 1953, adi dassler menggagas sepatu sepak bola yang memiliki gerigi. berkat sepatu sepak bola kreasinya ini, jerman berhasil menjuarai piala dunia tahun 1954 di swiss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

IKLAN

HALAMAN FACEBOOK

Most Reading

Gambar tema oleh friztin. Diberdayakan oleh Blogger.